Berita TerkiniDAERAHLAMPUNGTulang Bawang Barat

Firsada Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2024

Tulang Bawang Barat (db) – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada, M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional 2024, yang berlangsung di Lapangan Tiyuh/Desa Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten setempat. Selasa (22/10/2024).

Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan Pj Bupati Firsada, menyampaikan bahwa Pada peringatan Hari Santri Tahun 2024 ini Kementerian Agama mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”.

“Tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan adalah sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa,” ujar Firsada membacakan sambutan Menteri Agama RI.

Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Menurut Firsada, jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena.

Jika para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak sekadar menjaganya, melainkan juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik.

“Masa depan Indonesia ada di pundak kalian. Maka saya berharap Hari Santri tahun 2024 ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita semua, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.”

Firsada juga mengatakan bahwa santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apapun. Dia menyebutkan “Santri bisa menjadi presiden, dan kita punya presiden yang berlatar belakang santri, yaitu KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden, dan kita punya wakil presiden berlatar belakang santri, yaitu KH. Maruf Amin.”

“Banyak menteri yang berlatar belakang santri. Banyak pengusaha berlatar belakang santri. Banyak birokrat berlatar belakang santri. Sekali lagi santri bisa menjadi apa saja. Asalkan terus berjuang, terus berusaha, dan tidak menyerah. Semua pasti bisa diraih. Seperti pepatah yang diajarkan di pesantren, man jadda wajada, barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil,” sebutnya.

Dimomen itu Firsada berpesan kepada para santri agar dapat merengkuh masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia.

Firsada juga menegaskan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren. Hari Santri adalah milik semua golongan. Hari Santri adalah milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negaranya. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa, apa pun latar belakangnya, untuk turut serta merayakan Hari Santri.

“Melalui momen Hari Santri 2024 ini marilah sejenak kita doakan pahlawan-pahlawan kita, ulama-ulama kita, santri-santri kita, yang telah gugur di medan laga demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga mereka ditempatkan di sebaik-baik tempat dan dikumpulkan dengan para syuhada,” tuturnya.

Usai membacakan sambutan Menteri Agama RI, Firsada juga menyampaikan saya sangat bangga dengan keberadaan pesantren dan santri di daerahnya.

Menurutnya, pesantren telah banyak melahirkan generasi cerdas, berbudi pekerti, dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, dirinya mengajak semua pihak untuk mendukung pengembangan pesantren dan memberikan perhatian lebih terhadap pendidikan karakter santri.

“Saya berharap, santri di Kabupaten Tulang Bawang Barat tidak hanya fokus pada studi agama tetapi juga memperluas wawasan dengan berbagai ilmu pengetahuan agar bisa menjadi individu yang mandiri dan berkualitas.”

“Mari kita jadikan santri sebagai ujung tombak dalam menjawab tantangan zaman, menerapkan ilmu, dan berkontribusi positif bagi masyarakat,” tambah Firsada.

Dia pun mengajak para santri dan santriwati untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial. Keterlibatan sosial santri sangat penting untuk memberikan dampak positif dan menunjukkan bahwa santri adalah bagian integral dari masyarakat.

“Di momen yang berbahagia ini, marilah kita tingkatkan rasa kebersamaan dan semangat solidaritas dalam membangun Kabupaten Tulang Bawang Barat yang kita cintai. Mari kita semua berkomitmen untuk memperkuat nilai-nilai ukhuwah Islamiyah dan kebhinekaan kita,” tutupnya.(red)

Related Articles

Back to top button